Mozilla Firefox

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mozilla adalah nama asli resmi dari Mozilla Application Suite buatan Mozilla Foundation, yang sekarang dikenal sebagai SeaMonkey.

Sebelumnya, nama ini dipakai sebagai:

  • nama sandi (codename) untuk proyek peranti lunak Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar)
  • kependekan nama produk Mozilla Application Suite
  • maskot Netscape.

Sekarang nama Mozilla dipakai dengan kombinasi nama-nama produk Mozilla Foundation.

Berbagai penggunaan nama “Mozilla” dapat dilihat pada daftar di bawah ini (diurut berdasarkan sejarahnya)

Nama Sandi Netscape Navigator

Mozilla telah dipakai secara internal di Netscape Communication Corp. sebagai nama sandi peranti lunak Netscape Navigator web browser sejak awal proyeknya. Jamie Zawinski mengusulkan nama ini ketika rapat perusahaan.[1] Nama tersebut mengacu pada nama monster dongeng: Godzilla.

Maskot Netscape

Mozilla Mascot.svg

Mozilla adalah maskot Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar) yang pada awalnya bernama Mosaic Communications Corporation. Sebelumnya, maskot perusahaan ini berganti-ganti, termasuk astronaut atau “spaceman”, tapi akhirnya pilihan dijatuhkan pada seekor kadal mirip Godzilla agar sesuai dengan namanya yang mirip Godzilla. Didesain oleh Dave Titus tahun 1994.

Mozilla boxing.gif

Mozilla ditampilkan di website Netscape pada tahun-tahun awal perusahaan tersebut. Namun, berhubung perusahaan ingin menampilkan citra yang lebih “professional” (terutama ke para klien perusahaan) maka maskot tersebut disingkirkan. Mozilla masih tetap dipakai di kalangan internal Netscape, misalnya di T-shirt yang dibagikan kepada para staff atau dalam gambar-gambar/poster pada dinding kampus Netscape diMountain View.

Keika Netscape mengakuisisi perusahaan direktori website bernama NewHoo tahun 1998, mereka menjuluki perusahaan pembuat [Open Directory Project]] tersebut dengan “dmoz” (Directory of Mozilla), karena banyak kesamaan dengan proyek Mozilla. Gambar-gambar Mozilla dipakai di halaman website mereka, sampai sekarang, walau Netscape telah dijual kepada AOL.

Bagian dari “user agent string” di berbagai browsers

Saat seseorang mengunjungi sebuah website (melalui sebuah ‘user agent’ seperti ‘web browser’), sebuah text string biasanya dikirim untuk memperkenalkan ‘user agent’ tersebut ke web server. Ini disebut “user agent string”. Netscape web browser mengidentifikasi dirinya sebagai “Mozilla/<version>” diikuti informasi mengenai sistem operasi yang digunakan.

Oleh karena Netscape browser banyak mengimplementasikan berbagai kegunaan yang tidak terdapat pada browsers lain, bahkan kemudian menjadi dominan di pasar, maka berbagai website didesain untuk berfungsi hanya bila mereka mengenali Mozilla yang sesuai di user agent string. Akibatnya, browser-browser saingan mulai meniru (emulate / “cloak” / “spoof”) string tersebut agar juga dapat berfungsi di website-website tersebut. Contoh: Internet Explorer menggunakan user agent string yang dimulai dengan “Mozilla/<version> (compatible; MSIE <version>...“, agar dapat menerima isi website yang ditujukan bagi Netscape, saingan utamanya pada saat itu. Format user agent string ini sudah disalin berbagai user agent lainnya, dan bertahan walau Internet Explorer yang sekarang mendominasi pasar browser.

 

Graphic3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s